Soal PTS Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum Revisi Terbaru

Soal PTS Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum Revisi Terbaru beserta Kunci Jawaban. Setiap guru ketika sudah selesai dalam melaksanakan pembelajaran, maka langkah selanjutnya adalah mengukur kemampuan siswa dengan melakukan kegiatan penilaian. Penilaian ini bermacam-macam bentuknya bisa soal tertulis, lisan atau bisa juga unjuk kerja. Penilaian ini dimaksud sejauh mana siswa tersebut dapat memahami materi-materi yang dipelajari guru ketika dalam proses pembelajaran. Penilaian di semua jenjang terdapat 3 macam yaitu Penilaian Harian, yang dilaksanakan setiap sub tema selesai atau satu Kompetensi Dasar telah selesai dijelaskan, Penilaia Kedua Penilaian Akhir Semester yang dilaksanakan di akhir semester dan yang terakhir yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah penilaian tengah semester atau disingkat PTS.

Penilaian tengah semester atau PTS merupakan bentuk penilaian yang dilakukan guru di tengah-tengah semester. Karena dalam satu tahun pelajaran terdapat dua semester yaitu semester satu dan dua. semester satu berlangsung dibulan Juli sampai Desember sedangkan semester dua di bulan Januari hingga Juni. Misalkan kita memilih semester 2 maka pelaksanaan PTS berlangsung pada bulan Maret, dan biasanya berlangsung dibulan awal bulan.

Soal PTS Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum Revisi Terbaru
Soal PTS Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum Revisi Terbaru

Pelaksanaan PTS di semester 2 di bulan awal bulan maret secara otomatis para guru-guru harus mempersiapkan soal-soal PTS. Ada salah satu kelas yang paling tinggi di jenjang sekolah dasar yaitu kelas 6. Dimana jenjang tersebut dikatakan paling tinggi dan paling sulit materi-materinya dibandingkan kelas yang lain. Salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa dari semua mata pelajaran adalah mata pelajaran Matematika. Banyak anak yang beranggapan bahwa pelajaran matematika sangat sulit karena mereka harus menghafal berbagai rumus dan harus bisa berhitung dari penjumlahan, pengurangan, perkalian hingga pembagian. Untuk itulah perlunya seorang guru membuat soal PTS dari tingkatan yang mudah sampai yang sulit.

Pembuatan soal PTS di kelas 6 mata pelajaran matematika tergolong mudah, karena materi dikelas 6 pada semester 2 hanya 1 materi yaitu Bangun Ruang. Dalam materi bangun ruang terbagi menjadi  4 sub materi yaitu antara lain :

Materi-materi Matematika Semester 2 Kelas 6 untuk PTS.

  1. Mengenal Bangun Ruang dengan mengetahui ciri-cirinya dari rusuk, sisi, dan titik sudut yang terdapat pada bangun ruang. Bangun ruang itu sendiri antara lain : Kubus, Balok, Prisma, Limas, Tabung, Limas dan Bola.
  2. Mengetahui jaring-jaring dari setiap bangun ruang
  3. Volume Bangun Ruang
  4. Luas Permukaan Bangun Ruang
Itulah materi-materi yang harus diperhatikan dalam pembuatan soal PTS pelajaran Matematika di kelas 6 semester 2. Dimsaping materi-materi yang harus diperhatikan ada satu lagi yang perlu dicermati yaitu apakah materi tersebut sudah sama dengan Kompetensi Dasar pada promes yang telah dbuat?. Tentu saja sudah sama antara materi pokok dengan Kompetensi Dasar. Karena Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika disemester 2 kelas 6 sendiri ada kaitannya dengan bangun ruang yaitu

Kompetensi Dasar dalam Matematika di Semester 2 Kelas 6 untuk PTS.
  1. Kompetensi Dasar. 3.6 Membandingkan Bangun Ruang Prisma, Limas, Tabung, Kerucut, dan Bola
  2. Kompetensi Dasar  3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya.
Setelah kita mengetahui materi dan kompetensi dasar yang sudah dianggap sinkron maka langkah selanjutnya kita bisa membuat soal PTS mata pelajaran Matematika Kelas 6. Untuk mempersingkat waktu kami dari tim admin web administrasikelas sudah membuat contoh yang bisa dijadikan referensi untuk anda dalam membuat soal PTS Matematika di kelas 6 semester 2 yaitu antara lain.
  • Lembar Soal PTS Matematika Kelas 6 Semester 2 (Unduh)
  • Lembar Jawab PTS Matematika Kelas 6 Semester 2 (Unduh)
  • Lembar penskoran dan kunci Jawaban PTS Matematika Kelas 6 Semester 2 (Unduh)
Baca juga artikel yang terkait masih kaitannya dengan soal PTS di kelas 6 seperti :
  1. Soal PTS Tema 6 Kelas 6 Semester 2 beserta kunci jawaban
  2. Soal PTS Tema 7 Kelas 6 Semester 2 beserta kunci jawaban
Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan terkait artikel ini yang berjudul "Soal PTS Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum Revisi Terbaru". Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi bapak ibu guru yang membutuhkan administrasi kelas untuk persiapan PTS di bulan ini. Mohon maaf apabila ada tutur kata berupa tulisan yang kurang berkenan atau kurang benar dalam kosa kata bahasa. Terima kasih See you next time...

Posting Komentar untuk "Soal PTS Matematika Kelas 6 Semester 2 Kurikulum Revisi Terbaru"