Buku Guru dan Siswa Kelas 6 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran

Buku Guru dan Siswa Kelas 6 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran. Buku merupakan salah satu bahan ajar bagi guru dalam memandu siswa di kelas dan sumber pengetahuna bagi siswa. Perbedaan buku guru dan siswa adalah buku guru diperuntukkan bagi guru sebagai pedoman langkah-langkah dalam mengajar sedangkan buku siswa adalah sumber materi dan informasi yang nantinya akan dijelaskan oleh guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Antara buku guru dan siswa saling berkaitan satu sama lain, karena ketika guru menjelaskan suatu materi dari buku guru maka materi tersebut juga ada pada buku siswa. Jadi intinya adalah buku guru dan siswa sangat penting sekali bagi keberlangsungan proses pembelajaran dikelas.

Buku Guru dan Siswa Kelas 6 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran
Buku Guru dan Siswa Kelas 6 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran

Sejalan berjalannya waktu dengan pergantian kurikulum, yaitu kurikulum saat ini adalah Kurikulum Merdeka maka kemendikbudristek telah membuat buku guru dan siswa di semua jenjang pendidikan termasuk Sekolah Dasar. Di sekolah dasar yang sudah menerapkan kurikulum merdeka yaitu kelas 1,2,4 dan 5 untuk kelas 3 dan 6 akan dilaksanakan tahun ajaran 2024/2025. Oleh karena itu penting sekali bagi guru kelas 6 untuk mempersiapkan bahan-bahan yang kaitannya dengan Kurikulum Merdeka sedini mungkin salah satunya adalah Buku Guru dan Buku Siswa.

Untuk buku guru dan siswa kelas 6 walaupun belum di implementasikan di lapangan atau di sekolah namun kemendikbudristek sudah mempersiapkan jauh-jauh hari terkait buku guru dan siswa pada laman SIBI (Sistem Informasi Pembukuan Indonesia). Dimana dalam situs tersebut terdapat semua referensi-referensi buku-buku semua jenjang pendidikan dan pada semua mata pelajaran di kurikulum termasuk Kurikulum Merdeka. Buku-buku yang sudah direvisi dan terbarupun sudah ada disitu, sehingga bapak ibu bisa mendownload dengan cuma-cuma buku apapun.

Buku Guru dan Siswa kelas 6 ini terdiri dari mata pelajaran dan bukan menggunakan tematik pada kurikulum sebelumnya. Di kurikulum merdeka menggunakan mata pelajaran sehingga buku-bukunyapun menggunakan mata pelajaran. Mata pelajaran pada kurikulum merdeka di kelas 6 yaitu antara lain :

  1. Pendidikan Pancasila
  2. Bahasa Indonesia
  3. Matematika
  4. IPAS
  5. Bahasa Inggris
  6. Seni Rupa
  7. Seni Musik
  8. Seni Teater
  9. Seni Tari
  10. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
  11. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Untuk struktur dan bagian-bagian pada buku siswa dan guru berbeda-beda. Buku guru dan siswa mempunyai struktur atau bagian sebagai berikut.

Bagian-bagian dalam Buku Guru Kelas 6 Kurikulum Merdeka
  1. Kata Pengantar;
  2. Prakata;
  3. Daftar Isi;
  4. Panduan Umum (Pendahuluan, Profil Pelajar Pancasila, Pendekatan Buku Guru, Komponen Buku Guru, Asesmen dan Instrumen Penilaian, Menata Ruang Kelas Agar Menyenangkan, Membaca Untuk Kesenangan, Jurnal Membaca, Jurnal Menulis, Strategi Pembelajaran Literasi di Kelas VI, Media Pembelajaran dan Alat Peraga di Kelas, Capaian Pembelajaran Kelas VI, Daftar Materi Kelas VI dan Contoh Inspirasi Pembelajaran Kelas VI);
  5. Panduan Khusus (Judul Perbab, Gambaran Umum, Skema Pembelajaran dan Panduan Pembelajaran); 
  6. Glosarium;
  7. Daftar Pustaka;
  8. Indeks dan 
  9. Daftar Buku Rekomendasi untuk Kelas.
Bagian-bagian dalam Buku Siswa Kelas 6 Kurikulum Merdeka
  1. Kata Pengantar
  2. Prakata
  3. Daftar Isi
  4. Nomor Bab, Halaman Bab tersebut dan Judul Bab.
  5. Glosarium
  6. Daftar Pustaka
  7. Daftar Sumber Gambar
  8. Indeks
  9. Biodata Pelaku Pembukuan
Itulah perbedaan dari buku guru dan siswa kelas 6 Kurikulum Merdeka, pada intinya buku guru untuk panduan guru dalam pelaksanaan pembelajaran sedangkan buku siswa untuk siswa yang berisi materi-materi setiap bab.
Buku guru dan siswa kelas 6 kurikulum merdeka sudah kami unduh semuanya dalam website resmi kemendikbud tinggal bapak ibu guru mengunduh sesuai kebutuhan.

  1. Pendidikan Pancasila (Buku Guru - Buku Siswa)
  2. Bahasa Indonesia (Buku Guru - Buku Siswa)
  3. Matematika (Buku Guru - Buku Siswa)
  4. IPAS (Buku Guru - Buku Siswa)
  5. Bahasa Inggris (Buku Guru - Buku Siswa)
  6. Seni Rupa (Buku Guru - Buku Siswa)
  7. Seni Musik (Buku Guru - Buku Siswa)
  8. Seni Teater (Buku Guru - Buku Siswa)
  9. Seni Tari (Buku Guru - Buku Siswa)
  10. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Buku Guru - Buku Siswa)
  11. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Buku Guru - Buku Siswa)
Semoga artikel yang berjudul Buku Guru dan Siswa Kelas 6 dalam Kurikulum Merdeka bisa bermanfaat bagi Bapak Ibu guru yang mengajar di sekolah dasar dalam tuntutan administrasi kelas yang bergitu banyak.


Posting Komentar untuk "Buku Guru dan Siswa Kelas 6 Kurikulum Merdeka Semua Mata Pelajaran"