Soal PTS Kelas 6 Tema 6 Semester 2 Terbaru

Soal PTS Kelas 6 Tema 6 Semester 2 Terbaru. Setelah guru melaksanakan kegiatan pembelajaran dari awal hingga pertengahan semester, guru akan mengukur kemampuan siswa sejauh mana mereka memahami materi yang telah dipejari apakah sudah memahami atau belum maka guru membutuhkan alat guru berupa soal-soal tengah semester atau kita kenal dengan sebutan Penilaian Tengah Semester disingkat PTS.

Kegiatan  PTS dikelas 6 semester 2 dilaksanakan ketika anak sudah mempelajari materi-materi dari awal semester 2 sampai pertengahan semester. Jika satu semester di semester 2 dari bulan Januari- Juni maka pelaksanaan PTS yaitu pada awal bulan Maret 2024. Materi-materi yang ada dikelas 6, karena kelas 6 masih menggunakan kurikulum 13 maka mata pelajaran yang dipakai menggunakan tematik. Tema yang dipakai di kelas 6 semester 2 untuk kegiatan PTS yaitu Tema 6 dan 7. Karena yang kita bahas tema 6 maka kita fokus di tema 6.

Soal PTS Kelas 6 Tema 6 Semester 2 Terbaru
Soal PTS Kelas 6 Tema 6 Semester 2 Terbaru

Dalam Tema 6 memiliki judul tema Menuju Masyarakat Sejahtera dimana yang terdiri dari 5 mata pelajaran untuk kegiatan PTS yaitu PPKn, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Di setiap mata pelajaran mempunyai Kompetensi Dasar (KD) atau materi yang berbeda yang tersusun dalam sub-sub tema. Sub tema 1 Maysarakat peduli Lingkunga; Sub tema 2 Membangun masyarakat sejahtera; Sub tema 3 Masyarakat sejahtera negara kuat.  Berikut ini adalah materi-materi dan Kompetensi Dasar (KD) dalam tema 6 kelas 6 semester 2 sebagai bahan pembuatan soal.

  1. PPKn. KD 3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai arga negara beserta dampaknya daam kehidupan sehari-hari.
  2. Bahasa Indonesia KD. 3.7 Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh oleh teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja); 3.8 Menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi.
  3. IPA KD  KD 3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
  4. IPS KD 3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
  5. SBdP KD 3.2 Memahami interval nada; 3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.

Untuk mempermudah kita dalam pembuatan Soal PTS Kelas 6 Tema 6 Semester 2 kita ambil kata kunci dari setiap KD atau dengan meringkasnya agar kita tahu materi apa saja yang akan dibuat soal pada tema 6.

  1. PPKn = Kewajiban, Hak, dan Tanggung Jawab sebagai Warga Negara
  2. Bahasa Indonesia = Informasi teks nonfiksi dari judul bacaan atau Kata Kunci
  3. IPA = Ciri pubertas laki-laki dan perempuan dengan kesehatan alat repoduksi
  4. IPS = Makna Proklamasi Kemerdekaan
  5. SBdP = Interval Nada dan Tari Kreasi Daerah
Setelah memahami materi-materi apa saja untuk dibuat soal-soal pada tema 6 maka langkah selanjutnya yaitu kita langsung membuat soal-soal. Pembuatan soal tema 6 kami buat menjadi 3 jenis soal yaitu soal pilihan ganda (PILGAN), Isian, dan Uraian. Soal pilihan ganda dengan jumlah 5 soal, isian 2 soal dan uraian 1 soal. Bobot skor pilihan ganda 1, isian 1 dan uraian 3 jadi kalau ditotal setiap mapel ada 8 soal dengan skor maksimal perolehan 10. Jumlah skor perolehan setiap siswa dikali 10 sehingga nilai maksimal adalah 100. Ini untuk menghitung nilai setiap siswa dalam setiap mata pelajaran.

Kami sudah membuat soal PTS Kelas 6 Tema 6 semester 2 dengan aturan seperti diatas untuk mempermudah kita dalam mengukur kemampuan setiap anak. Soal yang kami buat juga sudah sesuai dengan Kompetensi Dasar pada buku guru tema 6 sehingga anda tidak usah khawatir ketika anda memakai soal yang kami buat. Silahkan bisa anda lihat sebagai bahan referensi untuk persiapan PTS di Semester 2 kelas 6.
  • Lembar Soal (Lihat)
  • Lembar Jawab (Lihat)
  • Kunci Jawaban (Lihat)
Sekian dulu dari apa yang dapat saya tulis dalam artikel yang berjudul Soal PTS Kelas 6 Tema 6 Semester 2. Mohon maaf apabila ada tutur tulisan dan ketikan yang kurang berkenan atau ada kekeliruan, semoga artikel ini bermanfaat bagi bapak dan ibu yang mengajar dikelas 6. Apabila artikel ini bermanfaat mohon komentar, share dan like nya. See You Next Time...😉

Posting Komentar untuk "Soal PTS Kelas 6 Tema 6 Semester 2 Terbaru"