Soal PTS Kelas 6 Tema 7 Semester 2 Revisi Terbaru

Soal PTS Kelas 6 Tema 7 Semester 2 Revisi Terbaru. PTS merupakan kependekkan dari Penilaian Tengah Semester atau ada juga sebagian daerah menyebutnya UTS yaitu Ulangan Tengah Semester, keduanya sama. Pelaksanaan PTS biasanya di pertengahan semester, misalkan Tahun Pelajaran 2023/2024 semester 2 berlangsung dari bulan Januari sampai Juni maka pelaksanaan PTS dilaksanakan pada bulan Maret 2024. Sebelum bulan maret guru diharapkan sudah mempersiapkan soal-soal PTS dari kelas 1 sampai kelas 6 khusus di jenjang sekolah dasar.

Soal PTS Kelas 6 Tema 7 Semester 2 Revisi Terbaru. Pembuatan soal PTS di kelas 6 semester 2 mencakup mata pelajaran berupa tematik karena masih menggunakan Kurikulum 2013. Tematik merupakan penggabungan dari beberapa mata pelajaran tergantung tema yang diajarkannya. Misalkan di kelas 6 terdapat Tema 6, 7, 8 dan 9, maka yang perlu dibuatkan soal PTS adalah tema 6 dan 7. Sesuai dengan judul artikel untuk kali ini kita fokusnya pada tema 7 yaitu Kepemimpinan.

Soal PTS Kelas 6 Tema 7 Semester 2 Revisi Terbaru
Soal PTS Kelas 6 Tema 7 Semester 2 Revisi Terbaru

Tema 7 terdiri dari beberapa sub tema yaitu antara lain : Sub tema 1 Pemimpin di sekitarku, Sub Tema 2 Pemimpin Idolaku, dan Subtema 3  Ayo, memimpin. Dari setiap subtema tersebut terdiri dari mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS) dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Dari mapel tersebut terdapat Kompetensi Dasar yang nanti diturunkan menjadi materi ajar. Materi ajar itulah yang akan kita buat sebagai bahan pembuatan soal PTS Kelas 6 Tema 7 Semester 2.

Pada Tema 7 Kelas 6 mempunyai kompetensi dasar yang tersebar pada setiap sub-sub tema sebagai berikut.

Kompetensi Dasar (KD) Tema 7 Subtema 1,2 dan 3

  • PPKn KD 3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  • Bahasa Indonesia KD 3.3 Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca
  • IPA KD 3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki di an perempuan dengan kesehatan reproduksi
  • IPS KD 3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN
  • SBdP KD 3.2 Memahami Interval Nada ; 3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.

Sesuai dengan Kompetensi Dasar di setiap mata pelajaran pada tema 7 kelas 6 dapat kita ketahui bahwa materi yang harus kita pelajari untuk pembuatan soal PTS yaitu

Materi Pokok Tema 7 Subtema 1,2 dan 3

  • PPKn : Nilai-nilai Pancasila seperti Sila 1 Ketuhanan, Sila 2 Kemanusiaan, Sila 3 Ketuhanan, Sila 4 Kerakyatan dan Sila 5 Keadilan
  • Bahasa Indonesia : Bagian-bagian pidato seperti Salam Pembuka, Pembuka Pidato, Isi Pidato, Penutup Pidato dan Salam Penutup
  • IPA :  Ciri pubertas laki-laki dan perempuan, dan cara membersihkan alat reproduksi
  • IPS : Kerjasama negara-negara ASEAN dibidang ekonomi, politik, sosial budaya, teknologi dan pendidikan
  • SBdP : Macam-macam interval nada dari prime, sekondo, treth, kuart, quint, sekt, septim dan oktaf; Ciri dan lagu tangga nada diatonis minor dan mayor ; dan Macam-macam tari kreasi daerah seperti Tari Kreasi Tradisional, Tari Kreasi Kontemporer dan Tari Kreasi Modern. Bentuk Tari Kreasi dari tari tunggal, berpasangan dan kelompok.

Setelah mengetahui materi-materi yang terdapat pada buku guru dan siswa tema 7 barulah kita bisa membuat soal PTS. Untuk soal tersebut sudah admin buat berdasarkan KD dan materi tema 7 kelas 6 semester 2, tinggal bapak ibu edit sesuai dengan keinginan. Berikut contoh soal PTS tema 7 kelas 6 yang dapat dijadikan referensi.

1. Soal PTS Tema 7 Kelas 6 Semester 2 (Lihat)

2. Lembar Jawab soal PTS Tema 7 (Lihat)

3. Kunci Jawaban soal PTS Tema 7 (Lihat)

Itu saja yang dapat kami jelaskan terkait pembuatan soal tema 7 kelas 6 untuk keperluan kegiatan PTS nanti semoga bermanfaat bagi bapak ibu guru yang sedang mencari referensi pembuatan soal.

Posting Komentar untuk "Soal PTS Kelas 6 Tema 7 Semester 2 Revisi Terbaru"