Program Semester Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Program Semester Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka. Sebelum seorang guru melaksanakan pembelajaran, guru diharapkan membuat sebuah perencanaan terlebih daulu diawal semester yang kita kenal dengan Program Semester (PROSEM). PROSEM yang dimaksud dalam artikel ini yaitu PROSEM dikelas 4 pada semester 2.

Mulai tahun 2022 sampai sekarang, kurikulum di Indonesia sudah berganti yang dulunya Kurikulum 2013 (KURTILAS) sekarang menjadi KURIKULUM MERDEKA. Sebenarnya sama antara Kurikulum Merdeka dengan kurikulum sebelumnya dalam pembuatan PROMES di kelas 4 dalam semester 2, hanya saja perbedaannya terletak di kolom kedua setelah nomor, kurikulum merdeka menggunakan Tujuan Pembelajaran yang disingkat TP.

Program Semester Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Program Semester Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Setiap Tujuan Pembelajaran mempunyai jumlah jam pelajaran disetiap TP. Untuk menentukan berapa jam pada setiap TP bisa dilihat di Program Tahunan yang telah dibuat pada semester 1 awal tahun pelajaran 2022/2023. Setelah kita menentukan jam pada setiap TP kemudian kita isi setiap kolom minggu ke- dibawah bulan ditulis tanggal rencana pelaksanaan tujuan pembelajaran tersebut.

Baca artikel terkait seperti : Program Tahunan (PROTA) Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Sebagai contoh, misalkan dikelas 4 semester 2 mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat Tujuan Pembelajaran "4.5.1 Melalui kegiatan membaca cerita “Ditukar dengan Apa?” peserta didik mampu mengidentifikasi permasalahan tokoh dengan baik" dengan alokasi waktu 4 jam dan sesuai jadwal pelajaran Bahasa Indonesia 6 jam per minggu misal hari Selasa 2 jam Kamis 2 jam dan Sabtu 2 jam. Jadi dapat kita tentukan Tujuan Pembelajaran tersebut dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis sedangkan hari sabtu untuk TP selanjutnya. Penulisan pada PROMES bulan Januari Minggu ke 1 Tanggal  3-4.

Gimana bapak ibu guru semua khususnya yang ada dikelas 4 dalam kurikulum merdeka, sudah pahamkah ada dalam pembuatan PROMES? Kalau sudah paham silahkan anda tentukan sendiri tanggal berapa saja dan tentukan sesuai dengan jadwal pelajaran. Oleh karena itu sangat penting sekali bapak ibu semua untuk membuat jadwal pelajaran terlebih dahulu.

Disamping Jadwal Pelajaran, dalam pengisian PROMES kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka haru ditentukan dengan hari efektif pada Kalender Pendidikan. Kalender Pendidikan disesuaikan dengan daerah masing-masing.

Untuk format Jadwal Pelajaran, Kalender Pendidikan dan PROMES Kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka bisa anda lihat dan unduh di bawah.

  • Jadwal Pelajaran Kelas 4 Kurikulum Merdeka (Unduh)
  • Program Semester (PROMES) Kelas 4 Kurikulum Merdeka (Unduh)
  • Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 (Unduh)
  • KKTP Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka (Unduh)
Selamat mencoba bapak ibu semua, semoga artikel ini bermanfaat bagi bapak ibu dalam menentukan dan membuat Program Semester di Kelas 4 Semester 2 pada Kurikulum Merdeka.

1 komentar untuk "Program Semester Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka"