Modul Ajar Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Terbaru

Modul Ajar Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Terbaru. Seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran di esok hari, diharuskan membuat perencanaan terlebih dahulu yaitu dikenal dengan nama Modul Ajar. Modul ajar merupakan nama lain dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Namun karena sekarang ini kurikulumnya sudah ganti yang terbaru yaitu Kurikulum Merdeka, dimana penamaan RPP diganti dengan Modul Ajar. 

Modul Ajar Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Terbaru
Modul Ajar Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Terbaru

Modul ajar sudah diterapkan sembari kurikulum merdeka dilahirkan. Sesuai Permendikbudristek Nomor 5 Tahun 2022 mengenai Standar Kompetensi Kelulusan bagi semua jenjang termasuk Sekolah Dasar yaitu Penerapan Kurikulum Merdeka dilaksanakan secara bertahap. Untuk periode awal yaitu tahun pelajaran 2022/2023 dan sekarang di tahun pelajaran 2023/2024 bertambah lagi yaitu kelas 2 dan 5. Maka dari itulah karena masih sedikit terkait administrasi kelas 5 pada Kurikulum Merdeka yang ada dipencarian google. Dengan artikel ini semoga bisa membantu pada Bapak dan Ibu guru yang mengajar di kelas 5.

Bagi guru kelas 5 ntuk pembuatan modul ajar ada beberapa langkah yang harus kita lakukan.

  • Langkah pertama, menentukan tujuan pembelajaran, yang dapat kita lihat di Program Semester dan Analisis Tujuan Pembelajaran;
  • Langkah kedua, menentukan materi pembelajaran, materi yang dipilihpun harus relevan dan mudah dipahami oleh siswa, agar target ketuntasan dapat tercapai;
  • Langkah ketiga, merancang struktur modul ajar, struktur pada modul ajar meliputi kata pengantar, materi yang dikembangkan, bagian latihan soal dan evaluasi/ asesmen.
  • Langkah keempat, menentukan pendekatan yang akan dilaksanakan ketika pelaksanaan pembelajaran. Pemilihan pendekatan pembelajaran sangatlah penting dan diharapkan menggunakan pendekatan yang berpusat pada siswa.
  • Langkah kelima, menentukan dan menggunakan Sumber Daya atau Alat peraga yang bervariasi. Penggunaan alat peraga atau media ini bertujuan memberi kemudahan pemahaman kepada siswa tentang materi yang akan diajarkan. Untuk itu perlu ditentukan secara tertulis di Modul ajar.
  • Langkah keenam, membuat soal latihan / penilaian yang sesuai dengan materi ajar.
  • Langkah ketujuh, memberikan Umpan Balik terhadap siswa
  • Langkah kedelapan, membuat soal-soal penilaian yang dapat menjadi tolak ukur kemampuan siswa setelah proses pembelajaran.
Ketika sudah melaksanakan hal diatas maka anda akan mampu menyusun modul ajar sendiri berdasarkan Program Tahunan Program Semester, Analisis Tujuan Pembelajaran, dan Capaian Pembelajaran.

Baca artikel yang terkait :
  1. Program Tahunan Kelas 5 Kurikulum Merdeka
  2. Program Semester Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka
  3. Analisis Tujuan Pembelajan (ATP) Kelas 5 Kurikulum Merdeka
  4. Capaian Pembelajaran Kelas 5 Kurikulum Merdeka
Bagi bapak ibu yang ingin melihat langsung seperti apa Modul Ajar Kelas 5 Kurikulum Merdeka, bisa anda lihat sendiri Modul Ajar yang sudah jadi. Berikut modul ajar kelas 5 yang dapat anda gunakan sebagai referensi.
  • Modul Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unduh
  • Modul Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Unduh
  • Modul Ajar Mata Pelajaran Matematika Unduh
  • Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Unduh
  • Modul Ajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Unduh
  • Modul Ajar Mata Pelajaran Seni Rupa Unduh
Mungkin hanya itu saja uraian kata dari kami sebagai admin dari situs administrasi kelas, semoga dengan adanya artikel ini dan web ini bisa mempermudah bagi bapak dan ibu guru dalam pembuatan administrasi. Apabila bermanfaat bisa di share di grup sosial media agar kemanfaatan artikel ini bisa menjadi ladang pahala bagi kita semua. Mohon maaf apabila dalam penulisan artikel yang berjudl "Modul Ajar Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Terbaru' ada salah-salah kata yang telah kami ketik mohon dimaafkan.

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Terbaru"