KKTP Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

KKTP Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. Salah satu administrasi kelas atau guru di jenjang pendidikan Sekolah Dasar yang tidak kalah pentingnya dengan administrasi lainnya yaitu KKTP. Mungkin Bapak Ibu guru yang masih mengajar pada Kurtilas terasa asing dengan kata tersebut. Untuk itu mari kita simak bersama-sama terkait apa itu KKTP dan kenapa KKTP itu harus dibuat dan lain sebagainya.
Apa itu KKTP?
KKTP merupakan kependekan dari Kriteria KetercapaianTujuan Pembelajaran. KKTP berlaku semenjak pergantian kurikulum yaitu kurikulum merdeka. KKTP merupakan nama lain dari Kriteria Ketuntasan Minimum atau biasa kita kenal dengan nama KKM. Sebenarnya antara KKTP dan sama dengan KKM bedanya adalah untuk KKM target yg harus dicapai menggunakan Kompetensi Dasar sedangkan KKTP menggunakan Tujuan Pembelajaran. KKTP dibuat diawal semester 1 atau 2 tetapi juga bisa dibuat sekaligus diawal ajaran baru.
KKTP Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka
KKTP Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka


Bagaimana langkah membuat KKTP Kelas 4?
Untuk penentuan ketercapaian tujuan pembelajaran ini ditentukan diawal semester dengan menentukan terlebih dahulu tujuan pembelajarannya. Langkah menyusun KKTP terdapat 3 cara yaitu sebagai berikut.
  1. Dari Tujuan Pembelajaran langsung dibuat Rubrik Penilaian dengan 4 sampai 5 kriteria
  2. Dari Tujuan Pembelajaran dilanjutkan lebih rinci menjadi Sub Tujuan Pembelajaran
  3. Gabungan dari cara 1 dan 2.
Kenapa kita harus membuat KKTP di Kelas 4?
KKTP dibuat dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran di setiap mata pelajaran. Jadi dengan KKTP di Kurikulum Merdeka ini diharapkan guru dapat mengembangkannya sendiri dengan melihat kemampuan siswa. Gurupun dapat mengembangkan KKTP ini dengan mengajak siswa untuk menentukan sendiri. Dengan melibatkan siswa, nantinya mereka akan mengetahui bagaimana caranya agar dirinya mampu mencapai target yang sudah disepakati bersama.

Bagaimana penentuan KKTP Kelas 4 Sekolah Dasar?
Penentuan KKTP Kelas 5 Sekolah Dasar menggunakan 3 (tiga) cara yaitu sebagai berikut.
  1. Menggunakan Pendekatan Deskriptif. Pendekatan ini menggunakan kategori Memadai dan Tidak Memadai. Siswa dapat dikatakan sudah mencapai tujuan pembelajaran jika 3 dari 4 kriteria mendapatkan kategori memadai
  2. Menggunakan Rubrik. Penentuan KKTP menggunakan rubrik terdiri 4 kategori : Mahir, Cakap, Layak dan Baru Berkembang. Siswa dapat dikatakan sudah mencapai tujuan pembelajaran jika kriteria yang ada mencapai minimal tahap cakap.
  3. Menggunakan Interval atau rentang Nilai. Cara ini sangatlah mudah, karena guru dibebaskan untuk menentukaan interval berapa yang dianggap mudah digunakan. Sebagai contoh :
  • 0 - 55 artinya rentang nilai dari 0 sampai 55 belum mencapai, harus mengikuti perbaikan seluruh bagian
  • 56 - 70 artinya rentang nilai 56 sampai 70 belum mencapai ketuntasan, mengikuti perbaikan hanya sebagian
  • 71 - 85 artinya  rentang nilai 71 sampai 85 sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu melakukan perbaikan
  • 86 - 100 artinya rentang nilai 86 sampai 100 sudah mencapai ketuntasan, memerlukan tantangan yang lebih.
Untuk lebih jelasnya terkait KKTP Kelas 4 di kurikulum merdeka bisa anda dapatkan informasinya pada aplikasi Program Merdeka Mengajar (PMM). Karena dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai informasi terkait administrasi kelas dan guru dalam kurikulum merdeka.

Apabila bapak ibu guru khususnya  yang mengajar di kelas 4 baik semester 1 dan semester 2 bagi yang membutuhkan Aplikasi KKTP Kurikulum Merdeka bisa anda dapatkan disini yaitu sebagai berikut.
  • KKTP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Pendidikan Pancasila (Lihat)
  • KKTP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia (Lihat)
  • KKTP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Matematika (Lihat)
  • KKTP Kelas 4 Kurikulum Merdeka IPAS (Lihat)
  • KKTP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris (Lihat)
  • KKTP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Seni Rupa (Lihat)
Semoga dengan adanya artikel yang berjudul KKTP Kelas 4 Semester 1 dan 2 dalam kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka bisa bermanfaat bagi dunia pendidikan. 

1 komentar untuk "KKTP Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka"