Dokumen Pembuatan Aksi Nyata Topik Bimbingan dan Konseling Layanan Dasar

Dokumen Pembuatan Aksi Nyata Topik Bimbingan dan Konseling Layanan Dasar. Aksi nyata merupakan suatu bukti nyata yang dilakukan oleh peserta dalam mendalami materi atau topik tertentu yang terdapat di pelatihan mandiri pada Aplikasi Pelatihan Merdeka Mengajar atau yang kita kenal dengan nama PMM. Pemerintah mengharapkan bagi para pendidik untuk mengikuti setiap topik yang ada di aplikasi tersebut, karena dengan aplikasi inilah dapat meningkatkan kompetensi dan pemahaman guru terkait Kurikulum Merdeka. Tugas guru bukan hanya mendidik dan membuat administrasi kelas namun juga meningkatkan kompetensi.

Dokumen Pembuatan Aksi Nyata Topik Bimbingan dan Konseling Layanan Dasar
Dokumen Pembuatan Aksi Nyata Topik Bimbingan dan Konseling Layanan Dasar

Banyak sekali topik-topik atau materi di aplikasi PMM yang dapat menambah wawasan kita terkait Kurikulum Merdeka. Salah satu topik yang membutuhkan dokumen-dokumen pendukung dalam pelaksanaan Aksi nyata yaitu Topik Bimbingan dan Konseling. Ada 2 jenis topik yang terkait dengan Bimbingan dan Konseling yaitu

1. Bimbingan dan Konseling : Layanan Dasar, dan

2. Bimbingan dan Konseling : Layanan Peminatan dan Responsif

Namun dalam artikel ini yang akan kita bahas yaitu Bimbingan dan Konseling Layanan Dasar. Langkah-langkah dalam pembuatan aksi nyata topik tersebut membutuhkan angket berupa pertanyaan-pertanyaan terkait pilihan kegiatan dan sikap yang dilakukan siswa. Dalam pemilihan jawaban tersebut dapat menentukaan kebutuhan belajar siswa. Ada 3 kebutuhan atau gaya belajar siswa antara lain :

  1. Visual, merupakan gaya belajar seorang siswa yang dapat memahami suatu materi dengan cara melihat gambar/medi
  2. Auditory, merupakan gaya belajar siswa yang dapat memahami suatu materi dengan bantuan media suara atau audio
  3. Kinestetik, merupakan gaya belajar siswa yang dapat memahami suatu materi dengan gerakan, dimana siswa akan memahami sesuatu dengan gerakan atau praktik secara langsung.
Untuk pertanyaan-pertanyaan lembar angket/kuesioner Aksi Nyata Bimbingan dan Konseling Layanan Dasar bisa anda dapatkan sebagai berikut.
  1. Dokumen Kuesioner/Angket pertanyaan Aksi Nyata (Unduh)
  2. Dokumen Perhitungan Angket (Unduh)
  3. Dokumen Umpan Balik (Unduh)
  4. Contoh / Hasil Final Aksi Nyata
          a. Berupa Video (Unduh)
          b. Berupa PDF (Unduh)
          c. Berupa Canva (Lihat)

Dokumen-dokumen diatas bisa dijadikan referensi untuk pembuatan Aksi Nyata Topik Bimbingan dan Konseling Bagian Layanan Dasar. Silahkan bisa di modifikasi sendiri terutama dalam pemaparan materi di awal aksi nyata. Semoga bermanfaat bagi bapak dan ibu guru semua. Apabila bermanfaat bisa anda share link ini atau subcribe dan ikuti di Video Youtube. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Dokumen Pembuatan Aksi Nyata Topik Bimbingan dan Konseling Layanan Dasar"