Program Semester Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Program Semester Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka. Program Semester merupakan salah satu administrasi guru yang penting untuk dibuat karena berisi perencanaan pembelajaran selama 1 semester atau 6 bulan lamanya. Program Semester dikenal dengan sebutan PROMES atau ada juga PROSEM, terserah bapak ibu menyebutnya apa yang penting kepanjangannya sama, hehe... Pembuatan program semester biasanya di awal semester, misalnya saja sekarang ini kita berada di awal semester 2 maka program semester dibuat di awal bulan Januari. Program semester dibuat mengacu pada Program Tahunan, jadi bapak ibu guru diharapkan sudah membuat Program Tahunan yah. Apabila belum silahkan bisa simak Program Tahunan yang telah kami buat di artikel sebelumnya. 

Baca artikel terkait : Program Tahunan Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Okeh kita lanjut lagi pembahasan mengenai program semester, PROSEM yang akan saya bahas pada artikel ini yaitu PROSEM semester 2 di kelas 5 dan pastinya di kurikulum yang baru yaitu Kurikulum Merdeka.

Program Semester 2 Kelas 5 Kurikulum Merdeka
Program Semester 2 Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Kelas 5 merupakan Fase awal di fase C, jadi fase tersebut merupakan puncak face di Kurikulum Merdeka. Untuk itu kelas 5 tidaklah sama dengan kelas di bawahnya baik itu kelas 1 sampai 4. jadi materinyapun dalam pembuatan Program Semester pastilah sangat berbobot.

Program Semester di kurikulum merdeka sebenarnya sama seperti di kurikulum 13 atau Kurtilas, namun perbedaannya adalah jika di Kurtilas  menggunakan Tema dan Kompetensi Dasar (KD), namun di Kurikulum Merdeka menggunakan mata pelajaran dan Materi Pokok sebagai target untuk terpenuhi. Bagian-bagian yang terdapat pada Promes di Kurikulum Merdeka yaitu, antara lain :

Kolom 1 . Materi

Berisi Materi Pokok yang akan di ajarkan oleh guru. Materi tersebut dapat dilihat dalam Buku Kurikulum Merdeka sesuai mata pelajaran yang akan dibuat program semester dan pastinya buku tersebut buku kelas 5 semester 2.

Kolom 2. Alokasi Waktu, 

Artinya diperkirakan berapa Jam Pelajaran (JP) materi tersebut dapat diselesaikan dalam proses pembelajaran. Bapak Ibu guru dapat melihat alokasi waktu pada Program Tahunan yang telah dibuat sebelumnya

Kolom 3. Nama bulan disertai Minggu ke-

Nama bulan ini disesuaikan dengan semester, apabila kita mau membuat program semester di semester 2 berarti kita tulisa dari bulan Januari, Februari, Maret, April, Mei dan Juni.

Minggu ke- berapa yaitu diisi dengan menggunakan centang. Dalam hal ini kita harus memperhatikan Jadwal Pelajaran di setiap mapel. Misalkan saja dalam alokasi waktu terdapat 12 JP, sedangkan Mapel Matematika di setiap minggu ada 6 JP maka dicentang di munggu ke 1 dan 2.

Untuk lebih jelasnya Bapak Ibu guru bisa melihat sendiri bentuk Program Semester kelas 5 pada Kurikulum Merdeka khususnya di Semester 2. yang kami buat per mata pelajaran.

  1. PROMES PPKn Semester 2 Kelas 5 Kurikulum Merdeka Unduh
  2. PROMES Bahasa Indonesia Semester 2 Kelas 5 Kurikulum Merdeka Unduh
  3. PROMES Matematika Semester 2 Kelas 5 Kurikulum Merdeka Unduh
  4. PROMES IPAS Semester 2 Kelas 5 Kurikuum Merdeka Unduh
  5. PROMES Bahasa Inggris Semester 2 Kelas 5 Kurikulum Merdeka Unduh
  6. PROMES Seni Rupa Semester 2 Kelas 5 Kurikulum Merdeka Unduh
Itu saja yang dapat kami sampaikan terkait Program Semester Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester 2. Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat bagi bapak ibu yang membutuhkan administrasi kelas.

1 komentar untuk "Program Semester Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka"