Modul Ajar Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka Sesuai Indikator Perilaku Observasi

Modul Ajar Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka Sesuai Indikator Perilaku Observasi. Pembuatan modul ajar bagi guru di jenjang sekolah dasar sangatlah penting. Karena dengan modul ajar merupakan salah satu administrasi kelas yang wajib dibuat oleh semua guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Modul ajar ini dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan tujuan agar proses pembelajaran di kelas berjalan dengan maksimal. Modul ajar berisi terkait skenario pembelajaran dari awal sampai akhir pembelajaran.

Modul Ajar Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka Sesuai Indikator Perilaku Observasi
Modul Ajar Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka Sesuai Indikator Perilaku Observasi

Dalam pembuatan modul ajar dikurikulum merdeka terbagi menjadi 3 metode. Metode pertama yaitu guru bisa menguduh di halaman resmi kemendikbud secara langsung. Metode kedua guru dapat memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan oleh kemendikbud sesuai dengan kegiatan kita yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran di kelas. Metode ketiga guru membuat sesuai yang diinginkannya dari awal sampai akhir. Jadi dalam pembuatan modul ajar ini kita dibebaskan untuk memilih metode yang mana. Apabila anda kesulitan dalam pembuatan modul ajar maka pilihlah metode yang pertama. Jika ingin memodifikasi modul ajar yang ada mungkin dibuat untuk tugas praktik mengajar dalam PMM sesuai dengan indikator-indikator dimensi yang dipilih dalam observasi bisa kita gunakan metode ke dua.

Metode kedua inilah yang akan kita pilih dalam pembuatan modul ajar untuk observasi pelaksanaan praktik pembelajaran sesuai dimensi dan indikator yang kita pilih. Saya ambil contoh dalam modul ajar kelas 1 semester 2 Kurikulum Merdeka dengan dimensi Aktivitas Interaktif. Dimana aktivitas interaktif tersebut memiliki 3 indikator dan dari 3 indikator dijabarkankan lagi 3 perilaku yang harus ada di modul ajar dalam observasi.

Baca artikel terkait seperti :

1. Program Semester Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

2. KKTP Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Ada 8 dimensi yang dapat kita pilih yang dapat kita masukkan dalam perilaku dan indikator di PMM yaitu:

  1. Intruksi pembelajaran
  2. Aktivitas pnteraktif
  3. Intruksi yang adaptif
  4. Keteraturan suasana kelas
  5. Penerapan disiplin positif
  6. Perhatian dan kepedulian
  7. Umpan balik konstruktif
  8. Ekspektasi pada peserta didik
Dalam pengelolaan kinerja pada waktu pembuatan perencanaan di aplikasi PMM maka akan ada dimensi yang berwarna hijau dan merah. Warna tersebut merupakan hasil dari rapor pendidikan sekolah bapak ibu. Apabila terdapat warna merah berarti harus diperbaiki, dan cara memperbaikinya yaitu anda di haruskan memilih dimensi yang berwarna merah.

Berikut modul ajar kelas 1 semester 2 kurikulum merdeka yang sesuai dengan indikator observasi dan perilaku untuk praktik pembelajaran observasi di kelas oleh kepala sekolah yang nantinya diupload di aplikasi PMM sebagai pengganti SKP di tahun 2024.

  1. Modul Ajar kelas 1 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila (Lihat)
  2. Modul Ajar kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Lihat)
  3. Modul Ajar kelas 1 Mata Pelajaran Matematika (Lihat)
  4. Modul Ajar kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Inggris (Lihat)
  5. Modul Ajar kelas 1 Mata Pelajaran Seni Rupa (Lihat)
  6. Modul Ajar kelas 1 Mata Pelajaran Seni Musik (Lihat)
  7. Modul Ajar kelas 1 Mata Pelajaran Seni Tari (Lihat)
  8. Modul Ajar kelas 1 Mata Pelajaran Seni Teater (Lihat)
  9. Modul Ajar kelas 1 Mata Pelajaran PJOK (Lihat)
Itulah modul ajar yang sesuai dengan indikator PMM dikelas 1 semester 2 dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua yang sedang membuat perencanaan observasi di kelas dalam pemenuhan penilaian SKP semester 1 di bulan Januari sampai Juni 2024.


Posting Komentar untuk "Modul Ajar Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka Sesuai Indikator Perilaku Observasi"