Modul Ajar Kelas 4 Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 Revisi Terbaru


Sebelum melakukan proses pembelajaran guru di anjurkan untuk membuat sebuah perencanaan agar pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan maksimal. Perencanaan yang dimaksud didunia pendidikan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau saat ini menjadi Modul Ajar atau disingkat MA. Modul Ajar merupakan administrasi kelas dalam Kurikulum Merdeka yang berisi sebuah perencanaan pembelajaran yang sangat kompleks dan menyeluruh. 

Modul Ajar dibuat sehari sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai dan dibuat setiap hari. Untuk itu wajib bagi guru untuk membuat Modul Ajar karena salah satu Tupoksi Guru yaitu membuat administrasi kelas. Perbedaan yang mencolok antara kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka yaitu Jika kurikulum 2013 menggunakan Tematik tetapi pada Kurikulum Merdeka yang sekarang baru diterapkan yaitu menggunakan Mata Pelajaran atau kembali seperti Kurikulum 2006 atau KTSP. Disamping itu juga ada perbedaan lain yang perlu Bapak Ibu guru tahu dan ini sangat penting untuk diberitahu yaitu dalam komponen pembuatan Modul Ajar. 


Modul Ajar Kelas 4 Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023
Modul Ajar Kelas 4 Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023

Komponen yang terdapat di Modul Ajar berbeda dengan RPP pada Kurikulum 2013, Jika RPP di Kurikulum 2013 yang terbaru yaitu hanya 1 lembar dengan komponen antara lain : Identitas Sekolah, Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran (Kegiatan pembuka, Inti dan Penutup), Refleksi dan Konfirmasi dan Asesment. Namun dalam Modul Ajar di Kurikulum Merdeka ada banyak komponen yaitu antara lain :

  1. Identitas Sekolah, meliputi : Penyusun, instansi, tahun penyusunan, jenjang sekolah, mata pelajaran, fase/kelas, Bab, Tema, hari/tanggal pelaksanaan pembelajaran, dan alokasi waktu;
  2. Kompetensi Awal Modul Ajar yang diambil dari tujuan pembelajaran;
  3. Profil Pelajar Pancasila, antara lain : Mandiri, Bernalar kritis, Kreatif, Gotong Royong;
  4. Sarana dan Prasarana atau Media Pembelajaran meliputi alat dan bahan pendukung yang digunakan dalam proses pembelajaran nanti;
  5. Target peserta didik
  6. Jumlah Peserta Didik, yaitu jumlah peserta didik yang dijadikan subyek dalam pelaksanaan pembelajaran
  7. Model Pembelajaran;
  8. Kompetensi Inti : Tujuan kegiatan pembelajaran, Pemahaman bermakna, Pertanyaan pemantik, Persiapan belajar, Kegiatan pembelajaran, dan Refleksi, Asesmen / Penilaian, 
  9. Lampiran-lampiran : Lembar Kerja peserta didik, Bahan bacaan guru dan peserta didik, Glosarium, Daftar Pustaka.
Baca juga artikel terkait seperti :
Itulah bagian-bagian dari Modul Ajar Kelas 4 Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 yang dapat anda lihat secara menyeluruh di setiap mata pelajaran dibawah.
  1. Modul Ajar Kelas 4 Semester 2 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila (Unduh)
  2. Modul Ajar Kelas 4 Semester 2 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Unduh)
  3. Modul Ajar Kelas 4 Semester 2 Mata Pelajaran Matematika (Unduh)
  4. Modul Ajar Kelas 4 Semester 2 Mata Pelajaran IPAS (Unduh)
  5. Modul Ajar Kelas 4 Semester 2 Mata Pelajaran Bahasa Inggris (Unduh)
  6. Modul Ajar Kelas 4 Semester 2 Mata Pelajaran Bahasa Jawa (Unduh)
  7. Modul Ajar Kelas 4 Semester 2 Mata Pelajaran Seni Rupa (Unduh)
Tujuan dari pada pembuat artikel ini adalah agar mempermudah dalam pencarian referensi-referensi bagi bapak ibu dalam pembuatan Modul Ajar di Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Bapak Ibu Guru khususnya yang mengajar di kelas 4 semester 2 dalam membuat administrasi kelas mengenai Modul Ajar. 

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Kelas 4 Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 Revisi Terbaru"