Silabus Tematik Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi

Silabus Tematik Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi. Dalam melaksanaan proses pembelajaran, guru diharapkan membuat administrasi terlebih dahulu sebuah perencanaan. Perencanaan yang dimaksud adalah Silabus. Silabus setiap waktu dapat berubah-ubah bergantung pada Kompetensi Dasar, apakah ada perubahan dalam KI dan KD ataukah tidak ada. Apabila ada perubahan pada KI dan KD maka silabus tersebut harus diubah. Contohnya saja pada saat ini sedang dalam keadaan masa pandemi maka pemerintah pusat membuat perubahan pada KI dan KD. Memang tidak ada yang berubah dalam KI dan KD tersebut hanya saja di ringkas atau dibatasi hanya beberapa KD saja dalam 1 semester. Misalnya dalam kondisi normal ada 5 KD, tapi disaat masa pandemi seperti ini hanya 3 KD saja. Peraturan tersebut sudah keluar pada Balitbang No 018/H/KR/2020 mengenai KI dan KD dalam kondisi khusus atau masa pandemi.

Silabus Tematik Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi
Silabus Tematik Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi

Pembelajaran yang dilaksanakan sekolah dimasa pandemi saat ini menggunakan metode daring atau online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sehingga mempengaruhi dalam pembuatan silabus dan administrasi kelas lainnya. Silabus pada tematik di kelas 6 semester 1 hanya 2 tema saja, sehingga tidak terlalu banyak materi, sesuai himbauan dari mas mentri. Kedua tema tersebut yaitu antara lain :

  1. Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup : Subtema 1 (Tumbuhan Sahabatku), Subtema 2 (Hewan Sahabatku), Subtema 3 (Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan), dan Subtema 4 (Indah Lestari Alamku).
  2. Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan : Subtema 1 (Rukun dalam Perbedaan), Subtema 2 (Bersatu Kita Teguh), Subtema 3 (Ayo Bekerjasama), dan Subtema 4 (Bekerjasama Mencapai Tujuan).
Karena 2 tema dalam pembuatan silabuspun hanya ada 2, untuk itu bapak ibu guru khususnnya yang mengajar kelas 6 yang membutuhkan silabus masa pandemi bisa dilihat langsung sebagai berikut.
  • Silabus Tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) Kelas 6 Masa Pendemi, dan Lihat
  • Silabus Tema 2 (Persatuan Dalam Perbedaan) Kelas 6 Masa Pandemi. Lihat
Baca juga artikel-artikel lainnya mengenai administrasi kelas di blog kami masih dalam administrasi kelas 6, seperti :
  1. RPP Tematik Kelas 6 Daring Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022, Lihat
  2. RPP Matematika Kelas 6 Daring Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022, dan Lihat
  3. RPP Bahasa Jawa Kelas 6 Daring Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Lihat
Semoga artikel ini bermanfaat kami bapak ibu guru khususnya yang mengajar kelas 6 dalam mencari kelengkapan administrasi kelas. Kami selaku admin Administrasi Kelas mohon maaf apabila ada kata atau kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa. Mohon dimaklumi karena kami masih dalam tahap belajar dalam membuat artikel.

Posting Komentar untuk "Silabus Tematik Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi"