RPP Bahasa Jawa Daring Kelas 6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

RPP Bahasa Jawa Daring Kelas 6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Untuk pembuatan RPP Bahasa Jawa di masa pandemi memang tidak ada ketentuan pembatasan KI dan KD. Sehingga RPP Bahasa Jawa khususnya kelas 6 tidak ada perubahan di masa pandemi sekarang ini hanya saja dibubuhi dengan kata-kata melalui media daring seperti WhatsApp, Google Meet, Zoom dan lainnya.

RPP Bahasa Jawa Daring Kelas 6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022
RPP Bahasa Jawa Daring Kelas 6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

RPP Bahasa Jawa di kelas 6 semester 1 ada 3 (tiga) Kompetensi Dasar yang masih sama seperti dulu, hanya saja RPP Bahasa Jawa sekarang harus dibuat 1 (lembar) sesuai ketentuan dari Mas Mentri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Nadiem Makarim. Ketentuan tersebut dihimbau agar tidak ada terlalu banyak pengeluaran untuk membeli kertas dan arsip yang menumpuk. Ketiga KD tersebut yaitu antara lain :

  1. KD 3.1 Memahami teks deskripsi tentang peristiwa budaya;
  2. KD 3.2 Memahami teks cerita "Gatutkaca Gugur"; dan
  3. KD 3.3 Memahami tembang "Kinanthi".
Dalam pembuatan RPP Bahasa Jawa Kelas 6, bapak ibu harus membuat silabus terlebih dahulu agar pembuatan RPP nantinya bisa sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Karena pembuatan RPP harus mengacu dengan Silabus yang sebelumnya telah dibuat pada awal ajaran baru. Jadi tidak sembarangan dalam membuat RPP Bahasa Jawa khususnya di kelas 6.

Baca artikel terkait : Silabus Bahasa Jawa Kelas 6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

Apabila melihat KD diatas dapat disimpulkan bahwa materi Bahasa Jawa di kelas 6 semester 1 pada Kurikulum 2013 di masa pandemi yaitu ada 3 materi antara lain :
  1. Peristiwa Alam
  2. Gatotkaca Gugur
  3. Tembang Kinanthi.
Untuk lebih jelasnya bapak ibu guru yang mengajar di kelas 6 bisa dilihat baik-baik contoh RPP Bahasa Jawa yang sudah kami siapkan sebagai referensi bapak ibu dalam membuat RPP tersebut. Berikut contoh RPP Bahasa Jawa Daring Kelas 6 Semester 1.
  • RPP Bahasa Jawa Daring Materi "Peristiwa Alam". Lihat
  • RPP Bahasa Jawa Daring Materi "Gatutkaca Gugur". Lihat
  • RPP Bahasa Jawa Daring Materi " Tembang Kinanthi". Lihat
Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan membantu bapak ibu untuk melengkapi administrasi kelas khususnya dikelas 6. Mohon maaf apabila ada tutur kata yang kurang berkenan di dalam penulisan artikel ini.

Posting Komentar untuk "RPP Bahasa Jawa Daring Kelas 6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022"