RPP DARING MATEMATIKA KELAS 6 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

RPP DARING MATEMATIKA KELAS 6 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Setiap memulai proses pembelajaran, guru harus membuat perencanaan terlebih dahulu agar pembelajaran tersebut berjalan secara efektif dan optimal. Perencanaan yang dimaksud dalam dunia pendidikan dinamakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP ini dapat kita buat sendiri dengan mengacu pada Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 revisi yang terbaru. Dalam buku guru terdapat tujuan pembelajaran dan skenarioa pembelajara setiap hari, jadi bapak ibu guru sudah dipermudah dalam membuat RPP dengan adanya buku guru tersebut. Selain buku guru dan buku siswa, bapak ibu juga harus melihat Prota, promes dan silabus sebagai dasar pembuatan RPP tersebut.

RPP DARING MATEMATIKA KELAS 6 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022
RPP DARING MATEMATIKA KELAS 6 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

RPP yang dibuat oleh bapak ibu guru harus menyesuaikan keadaan yang ada, misalkan saat ini sedang terjadi wabah corona, dimana proses pembelajaran dilaksanakan secara daring atau dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Untuk itu RPP yang dibuatpun harus terdapat kalimat-kalimat deskripsi seperti WhatsApp, Google Meet, Zoom dan lainnya. RPP dalam hal ini untuk semua mata pelajaran baik Tematik atau pelajaran lainnya seperti Matematika. 

RPP yang akan kita bahas kali ini adalah RPP Daring pada mata pelajaran Matematika Kelas 6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021 / 2022. RPP Daring di kelas 6 ini sebenarnya sama dengan RPP yang ada hanya saja dibubuhi kata melalui Daring seperti media WhatsApp atau GoogleMeet. Disamping itu dalam Kompetensi Dasarnya disederhanakan berdasarkan Balitbang Nomor 018/H/KR/2020 mengenai Kompetensi Inti dan Dasar pada Kondisi Khusus. Untuk KD Kelas 6 Mapel Matematika dalam kondisi khusus di semester 1 hanya 3 KD saja yaitu antara lain :

  • KD. 3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat
  • KD. 3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi
  • KD. 3.3 Menjelaskan unsur-unsur lingkaran (titik pusat, tembereng, dan juring) dan taksiran keliling dan luas lingkaran.
Baca artikel terkait : KI dan KD Revisi 2020 Kondisi Khusus Masa Pandemi

Jadi intinya adala pada semester 1 kelas 6 selama Kondisi Khusus Masa Pandemi dalam pembelajaran Daring hanya diajarkan 3 (tiga) materi saja yaitu : Bilangan bulat, Bilangan Cacah atau Bilangan Pecahan, dan Lingkaran. Untuk itu dalam membuat RPP Matematika pun harus menyesuaikan dengan KD Balitbang tersebut.

Untuk itu kami sudah mempersiapkan RPP tersebut, agar bapak dan ibu guru khususnya yang mengajar kelas 6 bisa melihat langsung RPP Daring Matematika Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.
  1. RPP Daring Matematika Kelas 6 Materi Bilangan Bulat; Lihat
  2. RPP Daring Matematika Kelas 6 Materi Bilangan Cacah dan Pecahan; dan Lihat
  3. RPP Daring Matematika Kelas 6 Materi Lingkaran. Lihat

Semoga artikel yang berjudul RPP Daring Matematika Kelas 6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 ini bisa membantu bapak ibu yang sedang kesusahan mencari kelengkapan administrasi kelas di internet. Mohon maaf apabila kami selaku admin administrasi kelas ada kata-kata yang kurang berkenan atau tidak sesuai dengan kaidah, sekali lagi kami sampaikan mohon maaf sebesar-besarnya. Silahkan komentar apabila ada kekeliruan.

Posting Komentar untuk "RPP DARING MATEMATIKA KELAS 6 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022"