Contoh RPP Kelas 3 Semester 2 Observasi Kelas

Contoh RPP Kelas 3 Semester 2 Observasi Kelas. Dibulan Januari guru disibukkan dengan membuat perencanaan yang berisi terkait kinerja guru yang akan dilakukan dalam waktu 1 semester yaitu bulan Januari sampai Juni 2024. Hal tersebut dapat kita lakukan di aplikasi PMM, dan aplikasi ini merupakan program baru dilaksanakan sebagai pengganti aplikasi di E-Kinerja BKN. Aplikasi PMM bukan hanya berupa pelatihan mandiri dan membua aksi nyata saja, namun saat ini menjadi sebuah dominan sebagai alat untuk mengukur kemampuan kinerja guru pada menu pengelolaan kinerja. Kamampuan kinerja guru yang diukur atau dinilai dalam aplikasi tersebut yaitu praktik mengajar, kompetensi pengembangan dan perilaku-perilaku guru yang sesuai dengan Cure value BerAKHLAK. Dari ketiga kriteria penilaian tersebut yang paling penting adalah praktik mengajar.

Contoh RPP Kelas 3 Semester 2 Observasi Kelas
Contoh RPP Kelas 3 Semester 2 Observasi Kelas

Contoh RPP Kelas 3 Semester 2 Observasi Kelas. Dalam praktik mengajar terdapat beberapa tahapan yang harus di lalui oleh guru, salah satu tahap awal yaitu pelaksanaan observasi kelas. Kegiatan observasi kelas memang tidak dinilai secara final, tapi sangat penting untuk diperhatikan karena tahap observasi kelas ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan awal guru dari perilaku-perilaku mana yang sudah dilaksanakan dan mana yang belum dilaksanakan sebagai bahan diskusi kepala sekolah dengan guru.

Contoh RPP Kelas 3 Semester 2 Observasi Kelas.Tahapan observasi kelas guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau kita kenal dengan singkaran RPP. Pembuatan RPP observasi kelas guru harus mengetahui terlebih dahulu perilaku-perilaku apa saya yang akan dimasukkan ke RPP sesuai dimensi yang bapak ibu guru memilih dimensi pada saat membuat perencanaan dalam praktik mengajar. Ada 8 dimensi dalam pemilihan pada saat membuat perencanaan yaitu 

  1. Aktifitas interaktif
  2. Keteraturan suasana kelas
  3. Penerapaan disiplin positif
  4. Intruksi pembelajaran
  5. Perhatian dan kepedulian
  6. Intruksi yang adaptif
  7. Umpan balik konstruksi
  8. Ekspektasi pada peserta didik
Dari kedelapan dimensi diatas, anda pilih salah satu dimensi sebagai bahan praktik mengajar nantinya. Pilihkan dimensi yang diprioritaskan sesuai rapor pendidikan sekolah, biasanya terketak diatas dan terdapat garis merah atau orange di dimensi tersebut. Karena dengan kita memilih yang diprioritaskan maka akan memperbaiki rapor pendidikan sekolah anda. Tapi kalau tidak ada yang berwarna merah berarti anda bebas memilih dimensi yang mana saja. Setiap dimensi memiliki 3 indikator dan dari ketiga indikator dijabarkan lagi menjadi 3 perilaku seriap indikatornya. Nah perilaku-perilaku tersebutlah yang akan kita masukkan dalam RPP Observasi kelas.

Kami ambil contoh RPP yang akan kita buat yaitu RPP kelas 3 di semester 2 yang masih menggunakan kurikulum 13 di tahun pelajaran 2023/2024. Setelah menentukan RPPnya langkah selanjutnya kita tentukan dimensi yang akan kita buat, misal dimensi aktivitas interaktif. Dimana dimensi aktivitas interaktif terdapat beberapa indikator yang dijabarkan perilaku-perilaku yaitu antara lain
  1. Guru mengfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didik.  Perilaku yang dianjurkan yaitu a. Guru memotivasi semua peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran; b. Guru menyediakan peran dalam kelompok untuk memastikan semua anggota mendapat peran; dan c. Guru memberi dukungan dan kesempatan pada peserta didik yang pasif untuk berperan
  2. Guru mengajukan pertanyaan yang mensstimulusi proses diskusi dan berpikir kritis. Perilaku yang dianjurkan yaitu a. Guru mengajukan pertanyaan terbuka untuk memancing proses diskusi dan berpikir kritis ; b. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan konsep yang dipelajari dengan konsep sebelumnya; dan c. Guru mengajukan yang meminta peserta didik membandingkan dua konsep yang berbeda
  3. Guru menfasilitasi terjadinya diskusi kelompok yang interaktif, kriis dan inklusif. Perilaku yang dianjurkan antara lain :  a. Guru memotivasi peserta didik untuk menyampaikan penndapat secara terbuka; b. Guru mengajukan pertanyaan yang memicu terjadinya diskusi kelompok; dan c. Guru berkeliling kelas untuk memberikan bimbingan pada kelompok dalam berdiskusi.

Ketika kita sudah memahami perilaku-perilaku yang akan kita masukkan kedalam contoh RPP kelas 3 semester 2. Bapak ibu bisa memilih indikator mana saja dari ketiga indikator tersebut, maksimal 3 dan minimal 1 tergantung kemampuan dari bapak ibu. Namun kami sarankan memilih 2 indikator dulu mencari yang aman. 

Kami juga sudah membuat contoh RPP kelas 3 semester 2 untuk observasi kelas dan dalam RPP tersebut sudah ada perilaku-perilaku dari 2 indikator yaitu indikator pertama dan kedua. Bapak ibu bisa mengubah sesuai dengan keinginan kalian. Berikut contoh RPP kelas 3 semester 2 untuk Observasi Kelas.

Contoh RPP kelas 3 Semester 2

RPP tersebut hanyalah contoh saja, jangan dijadikan patokan dalam pembuatan RPP bapak ibu semua. Namun sudah kami masukkan semua perilaku-perilaku sesuai dimensi yang kami tentukan. Semoga artikel ini bisa manjadi referensi bagi bapak ibu guru semua. Tak ada gading yang tak retak begitulah kata penutup dari kami dan mohon maaf apabila ada untaian kata dari tulisan kami.

Posting Komentar untuk "Contoh RPP Kelas 3 Semester 2 Observasi Kelas"