Contoh RPP Kelas 6 Semester 2 Untuk Observasi Kelas

Contoh RPP Kelas 6 Semester 2 Untuk Observasi Dimensi Aktifitas Interaktif. Sekarang ini banyak guru yang mencari dan membuat RPP untuk diupload di aplikasi PMM. Dimana saat ini aplikasi PMM adalah kebutuhan yang bersifat wajib karena dari aplikasi tersebut penentuan penilaian guru dalam satu semester. Dalam satu semester guru akan dinilai kinerjanya melalui aplikasi PMM, minimal mempunyai nilai sesuai ekspektasi atau baik. Apabila guru menganggap remeh hal tersebut maka akan mendapatkan nilai kurang dengan kategori tidak sesuai ekspektasi yang berdampak bagi guru PNS akan terkendala dalam kenaikan pangkat, sedangkan untuk guru PPPK akan terancam tidak bisa memperjanjang kontrak kerja. Oleh karena itu sangat penting sekali guru untuk mengikuti kegiatan-kegiatan di aplikasi PMM di menu pengelolaan kinerja.

Contoh RPP Kelas 6 Semester 2 Untuk Observasi Kelas
Contoh RPP Kelas 6 Semester 2 Untuk Observasi Kelas

Contoh RPP Kelas 6 Semester 2 Untuk Observasi Kelas. Dalam aplikasi PMM di pengelolaan kinerja terdapat 4 alur yang harus di lewati oleh guru antara lain : Perencanaan guru dan persetujuan atasan, persiapan observasi kelas, periode observasi kelas dan tindak lanjut, pelaksanaan tindak lanjut guru dengan pemantauan atasan, dan refleksi, penilaian, penentuan predikat kinerja guru.

Contoh RPP Kelas 6 Semester 2 Untuk Observasi Kelas. Salah satu alur dari pelaksanaan pengelolaan kinerja adalah observasi kelas, dimana guru harus membuat RPP yang telah didiskusikan dengan kepala sekolah dan didalam RPP tersebut terdapat indikator-indikator perilaku sesuai dengan dimensi yang dipilih. Setelah didiskusikan dengan kepala sekolah langkah selanjutnya yaitu mengisi tanggal pelaksanaan observasi, mata pelajaran, kelas dan upaya apa saja yang dipelajari untuk persiapan observasi tersebut seperti mengkuti pelatihan webinar, mempelajari indikator dimensi yang dipilih dan seterusnya.

Sebagai contoh RPP yang saya ambil adalah RPP kelas 6 yang akan dilaksanakan pada masa observasi yaitu semester 2. Kalian bisa mencari RPP yang sudah didownload dimanapun, karena yang akan kita bahas kelas 6 berarti RPP yang terbaru yaitu 1 lembar saja, dimana didalamnya ada identitas sekolah yang berii (Nama sekolah, kelas, semester, tema, sub tema, mata pelajaran, alokasi waktu, pembelajaran ke-, dan hari serta tanggal pelaksanaan observasi). Karena dalam menu pmm hari berisi mata pelajaran dan tidak ada pilhan tema dan subtema berapa maka kalian harus menghapus beberapa mata pelajaran dan yang kita ambil hanya satu mata pelajaran saja, pilih satu mata pelajaran yang dianggap mudah. Selanjutnya tinggal kita masukkan perilaku-perilaku dari setiap indikator pada dimensi yang bapak ibu guru pilih.

Untuk lebih jelasnya silahkan bapak ibu bisa melihat langsung contoh RPP kelas 6 Semester 2 yang sudah kami perbaharui atau modifikasi dengan perilaku-perilaku dimensi pada RPP observasi. Kami memilih dimensi aktifitas interaktif karena di sekolah kami dimensi tersebut berwarna merah.

RPP Kelas 6 Observasi Dimensi Aktifitas Interaktif (Lihat)

Untuk dimensi lain anda bisa ganti indikator-indikator dimensi yang anda pilih. Ada 8 dimensi yang bisa anda pilih seperti : Dimensi Aktifitas Interaktif, Keteraturan suasana kelas, Penerapan Disiplin Positif, Instruksi Pembelajaran, Perhatian dan Kepedulian, Instruksi yang adaptif, Umpan Balik Konstruksi, dan Ekspektasi pada peserta didik. Setiap dimensi mempunyai perbedaan isi indikator dan perilaku-perilakunya, oleh karena itu perlu diperhatikan dalam memilih dimensi dan lihat terlebih dahulu perilau-perilakunya, pilih sesuai dengan kemampuan bapak dan ibu. Jangan sampai hanya ikut-ikutan teman sekolah atau asal-asalan, karena akan menjadi bumerang atau menyusahkan diri sendiri ketika pelaksanaan observasi di kelas.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi bapak dan ibu guru yang sekarang ini sedang mencari referensi dalam pencarian RPP atau Modul Ajar untuk observasi kelas.


Posting Komentar untuk "Contoh RPP Kelas 6 Semester 2 Untuk Observasi Kelas"