Program Semester Kelas 2 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Apa Itu Program Semester ?
Program semester merupakan salah satu administrasi kelas yang wajib dibuat oleh guru di awal semester. Baik itu semester 1 ataupun 2. Program semester seringkali kita menyebutkan dengan singkatan PROMES atau ada juga PROSEM, kedua hal tersebut sama tergantung bapak dan ibu guru terbiasa mengucapkannya. PROMES ini merupakan penjabaran dari Program Tahunan (Prota) hanya saja di dalam Prota tercantung Jam Pelajarannya saja, sedangkan Promes setelah menentukan jam pelajaran per materi barulah dijabarkan dalam PROMES setiap minggunya.

Apakah sama Program Semester di Kurikulum 13 dengan Kurikulum Merdeka?
Pada saat ini pemerintah sudah mengganti dengan kurikulum yang baru yaitu bernama  Kurikulum Merdeka, dimana kurikulum merdeka ini dalam pembuatan program semester sebenarnya sama dengan kurikulum sebelumnya, hanya saja Kurikulum Merdeka menggunakan Materi atau Tujuan Pembelajaran sebagai capaian target terpenuhnya kriteria minimal tertentu.

Program Semester Kelas 2 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka
Program Semester Kelas 2 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka


Seperti apa bagian-bagian Program Semester di Kurikulum Merdeka?
Dalam struktur atau bagian Program Semester Kurikulum Merdeka menggunakan format Microsoft Word, dimana bagian awal Prosem yaitu Narasi berupa uraian Capaian Pembelajaran dan Fase berdasarkan Elemen. Karena kita dalam artikel ini membahas Promes dikelas 2 maka kita melihat capaian pembelajaran di Fase A (kelas 1 dan 2).Setelah itu ada bagian-bagian yang perlu anda isi yaitu berupa kolom-kolom. Kolom pada format Promes tersebut terdiri dari :
1. Nomor ATP
2. Alur dan Tujuan Pembelajaran
3. Alokasi Waktu
4. Nama Bulan dan Minggu ke-

Bapak dan ibu guru tinggal mengisi di kolom Minggu ke- dengan menyesuaikan jadwal pelajaran dan hari efektif. Setelah mendapatkan minggu efektif, anda tinggal mengisi di kolom tersebut dengan menggunakan tanda centang. Promes Kelas 2 yang akan kami jelaskan di semester 1 dan 2, tinggal ada pilih semester mana yang akan dibuat. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat secara langsung pada format yang akan saya bagikan dibawah ini per mata pelajaran.
1. Promes Kelas 2 Mapel Pendidikan Pancasila Unduh
2. Promes Kelas 2 Mapel Bahasa Indonesia Unduh
3. Promes Kelas 2 Mapel Matematika Unduh
4. Promes Kelas 2 Mapel Bahasa Inggris Unduh
5. Promes Kelas 2 Mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Unduh

Semoga artikel ini yang berkaitan dengan administrasi kelas atau guru yaitu Program Semester Kelas 2 Kurikulum Merdeka bisa bermanfaat bagi bapak ibu guru. Silahkan bapak ibu guru bisa share di grup atau dikomunitas yang anda ikuti agar bisa membantu guru-guru lain yang kesusahan dalam membuat administrasi kelas serta dapat dimanfaatkan untuk kelengkapan Bukti Dukung di Ekinerja dalam pembuatan SKP Tahunan. Apabila bapak ibu butuh administrasi yang lain bisa cari di menu atas pilih kelas yang sesuai anda butuhkan. Untuk itu sekian dan terimakasih Salam Literasi.

Posting Komentar untuk "Program Semester Kelas 2 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka"