Program Semester (Prosem) Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022

Program Semester (Prosem) Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022. Program Semester atau kita kenal dengan sebutan PROSEM atau PROMES merupakan salah satu administrasi kelas yang wajib untuk dibuat pada awal semester baik itu semester 1 diawal ajaran  baru kira-kira bulan Juli ataupun semester 2 setelah tahun baru tepatnya bulan Januari. PROSEM ini berlaku di semua jenjang salah satunya adalah jenjang Sekolah Dasar dari kelas 1 sampai kelas 6. Pembuatan PROSEM ini berdasarkan penyebaran tema dan subtema di semester yang akan dibuat. Misalkan saja kita akan membuat PROSEM semester 1 Kelas 6, kita hitung berapat tema di semester 1 pada kelas 6. Tema di kelas 6 di kondisi normal berjumlah 5 tema, namun pada kondisi khusus yaitu masa pandemi terjadi penyempitan tema yaitu di semester 1 hanya 2 tema saja. Kondisi khusus tersebut berdasarkan peraturan dari Balitbang nomor 018/h/kr/2020 tentang KI dan KD pada kondisi khusus atau masa pandemi

Program Semester (Prosem) Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022
Program Semester (Prosem) Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022

Pembuatan PROSEM kelas 6 semester 1 terdapat 2 tema saja, jadi 2 tema tersebut diselesaikan dalam waktu 1 semester atau 6 bulan, sedangkan 1 tema dapat diselesaikan dalam 1 bulan berarti hanya 2 bulan saja, lalu bagaimana sisa 4 bulan tersebut? Jawabannya adalah terletak pada alokasi waktu. Alokasi waktu dalam 1 pembelajaran yaitu 1 hari itu dalam kondisi umum atau normal sedangkan pada kondisi khusus atau masa pandemi tidak demikian. Maksudnya adalah dalam masa pandemi 1 pembelajaran untuk 2 hari atau 2 pekan. Jadi dalam 2 tema bisa memakan waktu 4 sampai 5 bulan.

Subtema pada setiap tema di kelas 6 biasanya  terdapat 3 subtema tetapi berbeda dalam masa pendemi yaitu ada 4 tema, dimana tema yang terakhir di ambil dari tema 3 atau 4. Karena dalam artikel ini kita membahas mengenai PROSEM di semester 1, kami akan menjabarkan setiap subtema dari tema tersebut yaitu antara lain :

A. Tema 1 (SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP)

  • Subtema 1 (Tumbuhan Sahabatku)
  • Subtema 2 (Hewan Sahabatku)
  • Subtema 3 (Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan)
  • Subtema 4 (Indah Lestari Alamku)

B. Tema 2 ( PERSATUAN DALAM PERBEDAAN)

  • Subtema 1 (Rukun dalam Perbedaan)
  • Subtema 2 (Bersatu Kita Teguh)
  • Subtema 3 (Ayo, Bekerja Sama)
  • Subtema 4 (Bekerja Sama, Mencapai Tujuan)
Tema dan subtema diatas nantinya dibuat dalam beberapa kolom untuk dibuat Program Semester (PROSEM) kelaas 6 semester 1 dengan alokasi waktu 2 pekan atau 2 minggu pada setiap subtema. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada file yang akan kami bagikan sebagai berikut.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi bapak ibu khususnya di kelas 6 dalam membuat PROSEM Kelas 6 Semester 1 di masa pandemi. Prosem ini berlaku apabila masih dalam masa pandemi, namun apabila sudah dalam kondisi normal maka bapak ibu harus membuatnya lagi dalam 5 tema di semester 1 kelas 6.
Baca artikel terkait seperti :
  1. Program Tahunan (PROTA) Kelas 6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022; Lihat
  2. Silabus Matematika Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi; Lihat
  3. Silabus Bahasa Jawa Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi; Lihat
  4. Siabus Tematik Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi; Lihat
Sekali lagi kami selaku admin dari website administrasikelas mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dan tidak sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Program Semester (Prosem) Kelas 6 Semester 1 Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022"