Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Materi Kelas VI Tema 2 Subtema 1

 Rangkuman Materi Kelas VI Tema 2 Subtema 1 terdiri atas 5 mupel yaitu sebagai berikut.

A. PPKn (Persatuan dan Kesatuan dalam kehidupan sehari-hari)
B. Bahasa Indonesia (Mengali Informasi menggunakan aspek : Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa)
C. IPA ( Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Habitatnya, Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri, dan Melindungi Diri)
D. IPS (Peristiwa sebelum proklamasi dan pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia)
E. SBdP (Pola tari)

Berikut penjelasan secara rinci materi dalam kelas 6 Tema 2 Subtema 1 :

A. PPKn (Persatuan dan Kesatuan dalam kehidupan sehari-hari)

  1. Persatuan dan kesatuan melalui hidup rukun dalam perbedaan agama, suku dan adat istiadat.
  2. Persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kemerdekaan.

B. Bahasa Indonesia (Mengali Informasi menggunakan aspek : Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa dan Bagaimana)

  1. Apa : Menanyakan sesuatu, benda, keadaan atau perbuatan, Contoh : Apa yang didapatkan rakyat Indonesiaa setelah kemerdekaan?
  2. Dimana : Menanyakan tempat, Contoh : Dimanakah teks proklamasi dibacakan?
  3. Kapan : Menanyakan waktu, Contoh : Kapan teks proklamasi dibacakan?
  4. Siapa : Menanyakan orang, Contoh : Siapa yang membacakan teks proklamasi kemerdekaan?
  5. Mengapa : Menanyakan alasan sebab akibat. Contoh : Mengapa Laksamana Maeda sebagai orang Jepang mau membantu kemerdekaan Indonesia?
  6. Bagaimana : Menyakan cara. Bagaimana reaksi rakyat Indonesia setelah dibacakan teks Proklamasi Kemerdekaan?
C. IPA ( Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Habitatnya, Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri, dan Melindungi Diri)

  1. Penggolongan Tumbuhan berdasarkan habitatnya : Hidrofit ( Tumbuhan yang hidup di permukaan air) Ciri-cirinya Batangnya berongga, daunnya muncul dipermukaan air, akarnya berada didalam air. Contohnya : Kangkung, Higrofit (Tumbuhan yang hidup ditempat yang lembab) Ciri-cirinya Daunnya melingkar atau menggulung, batangnya tidak tampak karena berada didalam tanah. Conrohnya Pakis, dan Xerofit (Tumbuhan yang hidup didaerah yang kering)Ciri-cirinya : Daun Tebal, berduri, tidak mempunyai daun dan akarnya panjang. Contohnya : Lidah buaya, Kaktus..
  2. Cara tumbuhan menyesuaikan diri terhadap lingkungan : Kaktus, Teratai, Eceng Gondok, Pohon Cemara, Pohon Mahoni, Pohon Jati, Putri Malu, Pohon Bakau, Kantung Semar, dan Pohon Jagung
  3. Cara tumbuhan melindungi diri dari musuhnya : Menggunakan Duri (Durian, Mawar, Salak, Putri Malu, Alang-alang), Menggunakan Bulu dan Rambut (Bambu), Racun dalam tubuh (Tumbuhan Jarak, Kecubung, dan Pohon Upas), Mengeluarkan Getah (Nangka dan Karet), dan Dengan Aroma ( Bunga Bangkai atau Raflesia Arnoldi).
D. IPS (Peristiwa sebelum proklamasi dan pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia)
  1. Peristiwa sebelum kemerdekaan : a. Pada tgl. 6 Agustus 1945 (Kota Hiroshima Jepang diBom Atom oleh Amerika Serikat), b. Tgl, 9 Agustus 1945 ( Kota Nagasaki jepang di bom atom kedua oleh Amerika Serikat), c. Tgl. 12 Agustus 1945 ( Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ke Dalat untuk Penyerahan Kemerdekaa Indonesia dari Jepang), d. Tgl. 14 Agustus 1945 (Soekarno dan Hatta kembali ke Indonesia, Sutan Syahrir mendesak untuk memproklamasikan kemerdekaan), e. Tgl. 15 Agustus 1945 ( Jepang Menyerah kepada Sekutu dan Golongan muda mendesak Soekarno untuk segera proklamasi), f. Tgl. 16 Agustus 1945 (Soekarno dan Hatta diculik ke Rengasdengklok dipaksa untuk proklamasi lewat radio) g. Tgl. 16 Agustus 2021 malam hari (Golongan muda dan tua membahas perumusan naskah proklamasi) h. Tgl. 17 Agustus 2021 (Pembacaan teks proklamasi pada jam 10.00 di  Jl. Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat di Kediaman Ir. Soearno) 
  2. Peristiwa pada saat menjelang kemerdekaan : a. Ir. Soekarno (Tokoh Proklamator, Penulis sekaligus pembaca teks proklamasi dan presiden pertama Indonesia)  b. Moh. Hatta ( Menyusun konsep teks proklamasi, Ikut menandatangani teks proklamasi, Wakil Presiden Pertama Indonesia, Dijuluki Bapak Koperasi Indonesia), Achmad Soebardjo, Laksamana Maeda, Sukarni, Fatmawati, Sayuti Melik, Abdul Latif
E. SBdP (Pola Lantai)

Pola lantai adalah pola denah yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak. Berikut JENIS POLA LANTAI :
  1. Pola Lantai Vertikal (Lurus)
  2. Pola Lantai Diagonal (Serong kekanan atau kekiri)
  3. Pola Lantai Garis Melengkung (Berbentuk Lingkaran)

Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi Kelas VI Tema 2 Subtema 1"