Aplikasi KKM Kelas 6 Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022

Aplikasi KKM Kelas 6 Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022. Setiap awal tahun ajaran baru guru diwajibkan membuat Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). KKM tersebut sebagai patokan atau batasan ketuntasan penilaian peserta didik baik pengetahuan atau keterampilan. Apabila siswa tidak memenuhi nilai KKM atau kurang dari nilai KKM maka dikatakan siswa tersebut tidak tuntas atau lulus sehingga harus mengulang kembali dan masuk dalam kegiatan Remidian.


Aplikasi KKM Kelas 6 Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022
Aplikasi KKM Kelas 6 Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022

Cara menentukan nilai KKM ditentukan dengan 3 (tiga) macam jenis penentuan yaitu antara lain :

  1. Intake : Kemampuan rata-rata siswa bisa diambil dari Nilai Raport Sebelumnya. Misalkan Bapak Ibu guru mengajar di kelas 2 maka ambil nilai rata-rata siswa di kelas 1.
  2. Kompleksitas : Guru mengidentifikasi indikator sebagai petunjuk tercapainya kompetensi dasar. Maksudnya bapak guru bisa melihat tingkat kesulitan KD atau Indikator, apabila tergolong sulit maka nilai KKM KD tersebut direndahkan apabila mudah maka ditinggikan.
  3. Kemampuan Daya Pendukung : Melihat dan merujuk Sarpras seperti sumber belajar yang memadai. Misalkan tidak mempunyai buku sebagai pendukung KD tersebut maka tergolong rendah.
Karena dimasa pandemi saat ini maka penentuan KKM harus direndahkan, disebabkan kurangnya Kemampuan Daya Dukung dan Kompleksitas siswa sehingga penentuan KKMpun mempengaruhi. Penentuan KKM ini ditentukan untuk setiap kelas dan setiap mata pelajaran baik kelas 1 sampai dengan kelas 6.

Untuk itu kami mempermudah bapak ibu guru dalam penentuan KKM dikelas 6 dengan membuat sebuah aplikasi. Aplikasi tersebut dibuat dengan format Microsoft Excel sehingga sangat mudah sekali, bapak ibu khususnya yang mengajar kelas 6 bisa mengoperasikannya tinggal memberi nilai di setiap kolom Intake, Kompleksitas dan Kemampuan Daya Pendukung, nantinya akan muncul secara otomatis.


Semoga artikel yang berjudul Aplikasi KKM Kelas 6 Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022 ini bisa bermanfaat bagi bapak ibu khususnya yang mengajar di kelas 6. Mohon maaf apabila ada tutur kata dalam penulisan artikel ini yang kurang berkenan. Kami sebagai admin administrasikelas.com mohon maaf sebesar-besarnya.

Posting Komentar untuk "Aplikasi KKM Kelas 6 Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2021/2022"