Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Kelas VI Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3

Materi Kelas VI Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3. Dalam tema, subtema dan pembelajaran tersebut terdapat 2 mupel tematik yaitu  antara lain IPA dan SBdP. Bisa kalia lihat di buku tema 1 hal. 133 s/d 139)

1. IPA (Perkembangbiakan pada Tumbuhan secara Vegetatif)

 Perkembangbiakan pada tumbuhan secara vegetatif yaitu perkembangbiakan yang dilakukan tumbuhan tidak secara kawin atau tidak menggunakan penyerbukan. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif dibagi menjadi 2 macam yaitu : Vegetatif Buatan dan Vegetatif Alami.

a. Vegetatif Buatan (Perkembangbiakan pada tumbuhan dengan campur tangan manusia). Ada 3 macam Vegetatif buatan antara lain :

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Buatan
Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Buatan

  • Cangkok (Menumbuhkan akar dengan cara mengupas batang dan menutupnya dengan media tanaman berupa sabut kelapa) Contoh tumbuhan yang dapat dicangkok antara lain Mangga, Jambu, Durian, dan Jeruk.
  • Stek batang (Memotong batang dan menanamnya lagi sebagai tumbuhan baru). Contoh tumbuhan yang dapat di stek : Singkong, Tebu, Anggur, Kangkung, Mawar, Lavender.
  • Okulasi (Menempelkan tunas satu tumbuhan pada batang tumbuhan lain) Contoh tumbuhan yang dapat diokulasi : Mangga, Kakao, Belimbing, Karet, Rambutan, dan Kelengkeng.
  • Menyambung (Menggabungkan antara batang bawah  dan batang atas dari tanaman yang berbeda) Contoh tumbuhan yang dapat disambung : Buah Durian dan Buah Mangga

b. Vegetatif Alami (Perkembangbiakan pada tumbuhan secara alami tanpa campur tangan manusia). Perkembangbiakan secara alami menggunakan bagian dari tumbuhan itu sendiri. Pada perkembangbiakan pada tumbuhan secara vegetatif alami ada beberapa macam antara lain :

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Alami
Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Alami
  • Umbi Lapis (Umbi yang berlapis-lapis). Contohnya : Bawang Merah, Bawang Putih dan Bakung.
  • Umbi Batang (Batang yang tumbuh di dalam tanah, ujungnya menggembung menjadi umbi). Contohnya :Kentang, Umbi Jalar, dan Bengkuang.
  • Umbi Akar (Umbi yang terbentuk dan berasal dari modifikasi akar). Contohnya: Singkong, Wortel, Uwi, Ubi Jalar.
  • Akar Tinggal (Batang tumbuh mendatar dan terletak dibawah permukaan tanah). Contohnya : Kunyit, Kencur, dan Lengkuas.
  • Tunas ( Bagian tanaman yang tumbuh dalam tanah disekitar induk). Contohnya : Pisang, Bambu dan Tebu
  • Tunas Adventif Akar dan Daun (Tunas yang muncul dan tumbuh pada daun dan ujung akar). Contoh Tunas Adventif Akar : Sukun, Cemara, dan Kersen. Contoh Tunas Adventif Daun : Cocor Bebek dan Wijaya Kusuma.
  • Spora ( Sel-sel yang terbungkus oleh lapisan tipis sebagai pelindung). Contonya : Lumut, Paku dan Supir.
  • Geragih (Batang yang tumbuh secara mendatar dibagian permukaan tanah). Contohnya : Stroberi, Arbei, dan Rumput.
Untuk lebih jelasnya mengenai Perkembangbiakan Tumbuhan secara Vegetatif bisa kalian lihat videonya dibawah ini.

 

(Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif)

Sumber  Video Youtube Channel: Rut Pratiwi Masudara 

Rut Pratiwi Masudara

2. SBdP (Membuat Poster)

Poster adalah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik diatas kertas berukuran besar dan berisi pesan-pesan. Poster biasanya ditempel ditembok, ditempat umum, di kendaraan, dan di tempat strategis yang dikunjung banyak orang dan mudah dibaca.

Poster Kelas 6 Virus Corona
Poster Kelas 6 Virus Corona

Untuk materi kelas VI Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 telah selesai, apabila kalian sudah memahami materi tersebut. Sebagai tolak ukur pembelajaran maka perlu diadakannya latihan soal. Berikut latihan soal untuk tema 1 subtema 3 pembelajaran 3 kelas VI.

Soal / Tugas Harian Kelas VI Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3

Selamat belajar dan mengerjakan.

Posting Komentar untuk "Materi Kelas VI Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3"